Monday, April 11, 2016

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Laptop lemot pastinya akan menjadi permasalahan sendiri bagi para pengguna yang dapat mengganggu aktivitas penggunaan. Bagaimana tidak, laptop lemot akan berjalan dengan sangat lambat, dan akan terasa menjengkelkan, terlebih jika ingin digunakan secara cepat. Laptop menjadi lemot sebenarnya disebabkan oleh berbagai faktor. Pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai beberapa cara mengatasi laptop lemot sekaligus dengan penyebab yang perlu Anda ketahui.

Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Sebelum mengetahui cara mengatasi laptop lemot, ada baiknya apabila Anda mengetahui apa saja sebenarnya penyebab dari laptop lemot. Terdapat banyak penyebab dari laptop lemot diantaranya seperti terlalu banyak aplikasi yang diinstal, menjalankan banyak aplikasi di waktu yang bersamaan, banyak file sementara yang tersimpan, terkena virus dan malware, banyak debu, dan banyak lagi. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini!

Uninstal Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Cara pertama untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan uninstal aplikasi yang tak dibutuhkan atau jarang Anda gunakan. Seperti pada penjelasan di atas bahwa laptop lemot dapat disebabkan karena terdapat banyak aplikasi yang diinstal. Nah untuk Aplikasi yang kiranya tidak terlalu Anda butuhkan, ada baiknya untuk menghapus atau menguninstal aplikasi tersebut guna membantu dalam mengatasi kinerja lemot pada laptop yang Anda gunakan. Untuk menghapus atau menguninstal Anda dapat masuk ke Control Panel, Program, Kemudian Pilih Uninstal Program.

Scan dengan Antivirus yang Anda Gunakan

Cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah scan dengan antivirus yang Anda gunakan. Laptop lemot dapat disebabkan karena laptop yang Anda gunakan kemungkinan besar terinfeksi oleh virus, malware, atau sejenisnya. Untuk mencegah atau mengatasi hal tersebut, maka Anda bisa melakukan scan secara full pada laptop yang Anda gunakan. Terdapat banyak antivirus yang bisa Anda gunakan untuk membantu proses scanning. Virus yang bersarang pada laptop tak hanya membuat laptop lemot saja, melainkan juga dapat menyebabkan masalah berbahaya lain seperti resiko kehilangan data.

Membersihkan Junk File

Cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah dengan mencoba membersihkan junk file. Junk file yang terdapat pada laptop memang hanya membebani laptop Anda menjadi lemot. Nah untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya untuk Anda mencoba dalam membersihkan junk file tersebut. Untuk membersihkan junk file, maka Anda bisa mencoba berbagai macam aplikasi yang memang berfungsi untuk membantu membersihkan junk file. Adapun junk file sendiri bisa muncul akibat dari penggunaan banyak macam aplikasi.

Bersihkan Bagian dalam Laptop

Debu yang menumpuk di dalam laptop juga dapat menimbulkan banyak masalah seperti laptop menjadi cepat panas dan kinerja menurun. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, ada baiknya untuk Anda mencoba membersihkan debu yang terdapat di dalam laptop. Anda bisa mencoba membongkar sendiri laptop Anda, atau juga bisa dengan menggunakan vaccum cleaner portable yang berguna untuk menyedot debu di dalam laptop Anda. Biasanya vaccum cleaner menggunakan USB port sehingga akan mempermudah dalam penggunaan.

Defrag Harddisk

Cara yang terakhir dalam pembahasan ini adalah dengan melakukan defragment harddisk. Untuk hal ini bisa Anda lakukan 1 bulan sekali untuk menjaga agar performa harddisk di dalam laptop tetap maksimal. Untuk caranya Anda bisa klik start dan kemudian ketikkan defragment. Defrag harddisk sendiri berguna untuk membantu menata ulang bagian-bagian di dalam harddisk akibat dari penggunaan seharian. Dengan begitu maka harddisk akan menjadi lebih awet dan membantu meningkatkan performa.

Baca

http://disehat.com/penyebab-dan-cara-mengobati-vertigo-secara-alami/

http://dbagus.com/cara-mengeriting-rambut-tanpa-alat-catok

http://aduba.co/ucapan-selamat-ulang-tahun-yang-penuh-makna.html
http://aduba.co/kata-kata-mutiara-tentang-kehidupan.html
http://aduba.co/makanan-khas-sumatera-utara.html
http://aduba.co/peluang-usaha-rumahan-peternakan-burung-yang-menguntungkan.html
http://aduba.co/daftar-gunung-tertinggi-di-dunia-dengan-pemandangan-menakjubkan.html
http://aduba.co/destinasi-wisata-wajib-tahun-2016.html
http://aduba.co/aneka-masakan-indonesia-dari-olahan-daging-sapi.html
http://aduba.co/daftar-senapan-serbu-tni-dari-produksi-rusia-as-hingga-pindad.html

No comments:

Post a Comment