Tuesday, April 5, 2016

Manfaat Penting Daur Ulang Sampah

Untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih diperlukan kesadaran masyarakat mulai dari hal terkecil yakni dengan membuang sampah pada tempatnya. Lingkungan yang bersih pastinya akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat salah satunya adalah kesehatan dan terhindar dari berbagai kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai beberapa manfaat penting dari daur ulang sampah. Sebelum mengetahui apa saja manfaat dari daur ulang ada baiknya mengetahui apa pengertian dari daur ulang sampah.

Daur ulang sendiri merupakan proses yang mengacu pada pengumpulan bahan bekas yang biasa dianggap sebagai sampah yang diolah sehingga menjadi suatu hal yang bermanfaat. Dalam hal ini bahan yang digunakan dipilih dan diproses sebagai bahan baku guna memproduksi produksi yang baru. Daur ulang sendiri memiliki banyk manfaat, nah untuk mengetahui apa saja sebenarnya manfaat penting dari daur ulang sampah simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Manfaat Penting Daur Ulang Sampah

Membantu dalam Menghemat Energi

Manfaat penting daur ulang sampah yang pertama adalah membantu dalam menghemat energi. Hal ini dikarenakan produk baru yang diproduksi dengan menggunakan bahan baku yang diperoleh dari daur ulang, akan membantu dalam menghemat energi yang dikonsumsi selama proses dari produksi. Hal ini berbeda dengan produk baru yang diolah dengan bahan mentah yang masih baru, pastinya akan membutuhkan jumlah energi yang lebih banyak dan lebih tinggi. Dengan adanya daur ulang ini pastinya akan membantu dalam menghemat energi yang dibutuhkan untuk mendapatkan serta membawa bahan baku.

Membantu dalam Mengurangi Polusi

Manfaat penting dari daur ulang berikutnya adalah membantu dalam mengurangi polusi dan pencermaran lingkungan. Hal ini bisa bermanfaat dalam membantu mencegah terjadinya pemanasan global. Dengan menghemat energi untuk produksi, ini juga bisa membantu dalam meminimalisir emisi gas. Seperti yang mungkin kita ketahui bahwa bahan bakar yang digunakan di beberapa industri diantaranya seperti batubara, diesel, dan juga bahan bakar minyak. Semua bahan bakar ini dapat menimbulkan polusi di udara. Dengan daur ulang pastinya akan membantu meminimalkan energi dan penggunaan bahan bakar yang bisa membantu dalam mengurangi polusi dan pencermaran lingkungan.

Menghemat Sumber Daya Alam

Manfaat penting daur ulang sampah berikutnya adalah menghemat sumber daya alam. Kita tahu bahwa daur ulang akan melibatkan proses pengolahan dari produk lama menjadi sebuah produk  baru. Hal ini pastinya akan membantu dalam menghemat apa yang ada pada sumber daya alam di bumi. Sebagai contoh kertas bekas yang didaur ulang maka tak perlu menggunakan sumber daya alam seperti pohon yang bisa menghasilkan kertas. Dengan menggunakan cara yang satu ini daur ulang menjadi langkah yang terpat dalam melestarikan lingkingan dan membantu dalam mnjaga keseimbangan alam.

Manfaat untuk Segi Ekonomi

Selain menghemat sumber daya alam, daur ulang juga bermanfaat untuk menghemat proses biaya yang pastinya baik untuk sektor ekonomi. Biaya yang dimaksud meliputi proses pengangkutan bahan baku, pengolahan, maufaktur, dan banyak lagi. Selain itu manfaat dari daur ulang juga membantu dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang yang dibutuhkan selama proses.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa manfaat penting dari daur ulang. Untuk manfaat penting lainnya seperti membantu dalam menghemat ruang seperti menghemat ruang pada tempat pembuangan sampah. Tempat pembuangan akan semakin penuh, terkecuali jika kita memanfaatkan sampah yang bisa di daur ulang. 

Baca

http://disehat.com/penyebab-dan-cara-mengobati-vertigo-secara-alami/

http://dbagus.com/cara-mengeriting-rambut-tanpa-alat-catok

http://spirit.web.id/makanan-vitamin-a-bagi-tubuh
http://spirit.web.id/cara-menurunkan-berat-badan-secara-alami
http://spirit.web.id/tips-meninggikan-badan-dengan-beberapa-pose-yoga
http://spirit.web.id/manfaat-kacang-polong-lengkap-beserta-kandungan-gizinya
http://spirit.web.id/inilah-menu-makanan-pantangan-asam-urat
http://spirit.web.id/penyebab-rambut-rontok-pada-wanita
http://spirit.web.id/penyebab-penyakit-tbc-dan-cara-mengatasinya
http://spirit.web.id/akibat-kurang-tidur-bagi-kesehatan-tubuh

No comments:

Post a Comment